Upcoming
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Your Link Here

Rabu, 15 Agustus 2012

Habis Gelap Terbitlah Terang di Kampunglaut

CILACAP  News) – Mulai pertengahan Agustus 2012, seluruh desa di Kecamatan Kampunglaut, yang merupakan wilayah terpencil di Cilacap sudah dialiri listrik PLN. Hal itu ditandai dengan penyalaan lampu listrik  di salah satu rumah penduduk Desa Klaces oleh Bupati Cilacap H Tatto Suwarto Pamuji, Selasa (14/8).
Ada empat desa di Kecamatan Kampunglaut, Cilacap terdiri Desa Klaces, Ujungalang, Panikel dan Ujunggagak. Desa Panikel dan Ujunggagak telah lebih dulu dijangkau jaringan listrik PLN tahun 2007, kemudian terakhir Desa Klaces dan Ujunggagak.
“Upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab pemerintah,
sehingga saya akan berupaya keras untuk meningkatkannya, termasuk masyarakat Kampunglaut,”ujar Bupati
Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.
Kepala Dinas Bina Marga ESDM dan SDA Kabupaten Cilacap Sunarno mengatakan, saat ini sudah ada 942 milik warga kedua desa itu yang sudah tersambungi listrik PLN. Diperkirakan kedepan jumlah warga yang memasang instalasi listrik semakin bertambah, mengingat warga setempat sudah lama mengidam-idamkan bisa menikmati listrik PLN.
Dikatakan, untuk menjangkau dua desa tersebut pihaknya telah memasang 314 tiang listrik dari sekitar Lembaga Pemasyarakatan Besi Kembang Kuning, Nusakambangan. Hal itu dilakukan karena jaringan listrik PLN terdekat hanya ada di Pulau Nusakambangan. Untuk membangun jaringan listrik ke wilayah Kampung Laut itu, pemerintah telah alokasikan dana APBN senilai Rp 3,2 milyar dan APBD Cilacap Rp 500 juta untuk pendampingannya.
Menurutnya, sebelumnya warga Kampunglaut hanya menikmati listrik dari PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga
Surya) dan sebagian menggunakan listrik, maka dengan masuknya listrik PLN, PLTS Klaces sebesar 17,5 KWp
dan Ujungalang 18 KWp akan dialihkan ke Dusun Tembong Desa Sadahayu Kecamatan Majenang, Cilacap. Dusun yang berpenduduk 300 KK terisolir hutan milik Perhutani. (Mak) |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HARIAN CILACAP
BERITA SEPUTAR CILACAP
KIRIMKAN KOMENTAR ANDA

Sponsors : Best Themes | New WP Themes | Best Blogger Themes
Copyright © 2013. Android Jelly Bean - All Rights Reserved
Template Design by Shihara | Published by New Blog Themes
Powered by Blogger
Blogger Widgets